20 Gejala Utama Stress yang tiba-tiba muncul dan tidak diketahui sebabnya:

  1. Jantung sering berdebar tanpa sebab diketaui
  2. Berkeringat-dingi atau merasa menggigil
  3. Ke toilet lebih sering dari biasanya
  4. Mulut terasa kering
  5. Sakit/ nyeri di perut bagian atas
  6. Mudah lelah walaupun mengerjakan pekerjaan yang ringan
  7. Merasa sakit seluruh otot badan yang tidak biasa
  8. Sakit kepala tanpa sebab
  9. Mudah tersinggung,
  10. Kurang rasa humor
  11. Kurang selera terhadap makanan, kesenangan ataupun seks
  12. Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit tanpa disadari
  13. Kurang  punya waktu  menjalankan hobi/ kebiasaan
  14. Merasa tidak mampu mengatasi permasalahan apapun”
  15. Kurang tertarik berkomunikasi dengan orang lain, selalu menghindar
  16. Kurang percaya  terhadap penampilan diri
  17. Merasa segala sesuatu tidak berguna
  18. Selalu merasa kehilangan dan sedih
  19. Pelupa
  20. Sulit tidur, tidur tidak nyaman dan mudah terbangun, bangun merasa tidak segar

Pencegahan Stress

Pencegahan Stress:
Sebenarnya stress tidak perlu dicegah, karena stress secara alamiah pasti dialami oleh semua orang.
Yang perlu dicegah yaitu stress yang berlebihan yaitu apabila Anda mengalami gejala-gejala stress yang berlangsung lebih dari 7 hari (Lihat 20 Gejala Utama stress tanpa diketahui penyebabnya).
Agar Anda tidak termasuk ke kategori tersebut diatas lakukan 7 hal berikut ini:

  1. Tetapkan tujuan hidup anda  visi dan misi
  2. Kembangkan hobi
  3. Kebiasaan yang baik
  4. Komunikasi sosial
  5. Perhatikan lingkungan sekitar Anda
  6. Memelihara kesehatan
  7. Menyadari kekurangan

Ke 7 Hal tersebut saling berkaitan dan dilaksanakan secara seimbang , tidak berlebihan.

Predisposisi Stress

Predisposisi Stress

Besar kemungkinan adanya faktor genetik, keturunan
Lingkungan dan kebiasaan hidup yang kurang baik, atau kurang mendukung tujuan hidup
Wanita lebih banyak dari pria, sangat dipengaruhi emosional individu

Mereka yang mempunyai tipe kepribadian Perfeksionis, Sangat Perasa, Kurang percaya diri, Tempramental, sangat mudah merasakan stress dan dengan sedikit ransangan penyebab stress ” Beban fisik, Kegagalan, kehilangan ataupun ketidak puasan” akan menimbulkan stress yang berkepanjangan

Tipe kepribadian yang merupakan predisposisi timbulnya stress yang abnormal

  1. Perfeksionis, Orang yang sangat hati-hati, kaku, dan kurang memiliki toleransi terhadap perbedaan. Sehingga, sedikit perbedaan atau sedikit kurang saja dari standarnya bisa menimbulkan kecemasan baginya. Kecermatannya berlebihan dan bisa berkembang menjadi obsesif kompulsif, yaitu kekakuan dan keterpakuan pada suatu aktivitas tertentu saja.
  2. Sangat Perasa, Orang jenis ini sering merasa tidak aman, cenderung kurang tenang, dan sering meresahkan segala sesuatu. Inilah yang membuatnya jadi cepat panik dalam menghadapi suatu masalah.
  3. Kurang percaya diri. Orang jenis ini merasa diri tidak mampu sehingga kurang usaha untuk mengoptimalkan diri dalam mengatasi masalah-masalah vang dihadapinya. Ia selalu berusaha lari dari masalah atau berusaha mencari pelarian. Akibatnya, masalah tidak pernah selesai. Selama masalah tidak selesai, seseorang akan selalu dihinggapi stress.
  4. Temperamental. Orang jenis ini emosinva cepat terpancing. Masalah kecil bisa berakibat besar karena kecenderungannya yang mudah meledak-ledak. Akibatnya, banyak orang yang tertekan dan akhirnya bereaksi. Kondisi ini tentu saja membuat emosinya semakin tegang dan meninggi.

Penyebab Stress

Penyebab Stress:
Kalau ditanya “Apa Penyebab Stress”, hampir semuanya tidak mau menjelaskan, karena itu adalah suatu kelemahan kepribadian seseorang, jadi bukan karena ketidak tahuannya.
Umumnya penyebab stress adalah suatu keinginan yang tidak terpenuhi atau suatu keinginan khawatir apabila tidak terpenuhi. Suatu perasaan /emosional yang memicu metabolisme tubuh untuk bekerja yang secara alamiah normal, tetapi bila metabolisme ini sering terjadi dapat menyebabkan over load/ kerja yang berlebihan yang selajutnya dapat mempengaruhi metabolisme yang lain menjadi tidak normal lagi. dan inilah yang sangat dirasakan oleh penderita/ individu yang tercetus menjadi gejala fisik yang tidak diketahui / secara sadar apa penyebabnya. Lihat juga mekanisme terjadinya stress.
Untuk menetapkan bagaimana cara pencegahan stress, pengobatan stress ataupun pengelolaan stress, terlebih dahulu perlu diketahui penyebab stress
Ada beberapa penyebab stress yang kadang kadang tidak diketahui oleh yang bersangukutan antara lain:

  1. Beban Fisik yang yeng relatif lama
  2. Ketidak puasan terhadap pencapaian hasil upaya/ merasa superior
  3. Kekhawatiran terhadap sesuatu/ kurang percaya diri
  4. kegagalan dalam usaha.

Komplikasi dan Penyakit yang menyertai stress

Beberapa komplikasi dan peneyakit yang menyertai stress..

Stress yang tidak dapat dikendalikan dan berkepanjangan dapat menyebabkan perubahan fungsi organ tubuh yang sangat vital antaranya yaitu :

Pengaruh langsung:

Jantung dan pembuluh darah: Peningkatan tekanan darah, kelainan irama denyut jantung sampai hal yang sangat parah yaitu kegagalan jantung.

Mental dan kejiwaan, Gangguan mental /kejiwaan ringan sampai parah  dapat ditimbulkan dan atau diperparah akibat stress yang tidak dikendalikan

Pengaruh tidak langsung:

Stress dapat mempengaruhi metabolisme tubuh yang berdampak penurunan atau penambahan berat badan, gangguan fungsi pencernaan ringan sampai berat , gangguan fungsi hati dan ginjal.

Pengobatan Stress

Pengobatan Stress

Kalau anda mencoba mengetik “Pengobatan stress” di browser anda, dan menelusiri halaman sampai habis , yang ada hampir didominasi dengan iklan pengobatan stress , yang lainnya membahas stress dengan berbagai versi , mulai versi awam sampai ilmiah…, namun kenyataannya yang namanya stress makin marak searah dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan komunikasi dan modernisasi. kenapa????..
Sebenarnya stress “dalam batas tertentu” itu adalah refleksi normal dari tubuh/perasaan kita yang membantu kita untuk mawas diri terhadap reaksi baik dari dalam diri maupun dari luar.oleh karena itu yang sangat penting yaitu bagaimana cara kita memenej yang namanya stress itu.
Coba anda klik  test stress ini , dan kalau anda tergolong didalamnya berarti anda perlu konsultasi ke dokter ahli jiwa. tetapi kalau tidak , cukup lakukan 7 langkah dibawah ini:

Minggu:

Kalau anda termasuk orang yang melakukan kegiatan rutin dari jam 08.00 sampai dengan 17.00 setiap harinya , cobalah berekreasi dan dengarkan ini dan nikmati

Senin:

Setiap Anda hendak keluar rumah , tanyakanlah pada diri sendir1..adakah tujuannya mendukung kesuksesan Anda??

Selasa:

Adakah anda telah memenuhi janji kepada teman2 Anda?? …..”Anda mudah mendapatkan teman dengan  mengucapkan janji , tetapi dengan menepati janji , anda telah mempertahankannya

Rabu :

Jika Anda tidak ingin gagal , janganlah berusaha agar anda dikenal/terkenal.

Kamis:

Adakah ucapan/ kata-kata anda yang menyakitkan hati teman2 Anda???.. segera temui /hubungi dan minta maaflah, sesungguhnya orang yang meminta maaf dan orang yang memafkan adalah orang yang berhati mulia

Jumat

Adakah anda telah memberikan sesuatu milik anda kepada orang lain yang sangat membutuhkannya??, jadilah orang yang berarti.

Sabtu

Janganlah melakukan pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh mesin.., jadilah seorang Aktor hari ini, karena mesin tidak bisa jadi aktor dan semua aktor hari ini beristirahat.

Disamping itu anda perlu mengetahui  pengobatan stress  agar stress yang sangat menggangu anda bisa diminimalisasi atau dihindari .