Banyak yang mengira bahwa yang dapat mengalami stress hanyalah orang dewasa karena beratnya bebabn yan harus dipkul dalam kegiatan berumah tangga, dan mereka menganggap bahwa kehidupan remaja fun-fun saja karena mereka piker kegiatan kita hanyalah sekolah, main, dan pacaran.
Remaja dapat tekena stres karena orang-irang pada usia ini emosi masih labil daripada itu bimbingan orang tua pun menjadi hal yang mutlak.
Banyak yang dapat menjadi penyebab stres di kalangan para remaja antara lain adalah kehidupan sekolah hal ini dapat menjadi factor utama penyebab stres pada remaja. Tuntutan akademis yang terlau berat, hasil-hasil ulangan dan ujian-ujian yang buruk, tugas yang menumpuk, dan juga tuntutan orang tua yang dianggap terlalu berat hanyalah beberapa contoh dari faktor ini.
Factor lain yang menjadi penyebab dari stress dalam kehidupan remaja adalah lingkungan pergaulan, tempat dimana anak ini melakukan hubungan interaksi denganteman-teman seusianya, teman bagi seorang remaja bias dianggap segalanya bahkan bisa melebihi keluarganya sendiri.
Faktor lain yang dapat menyebabkan stress adalah keadaan fisik. Meskipun terdengar hal yang sangat sepele kondisi fisik atau keadaan badan adalah bentuk stres yang lain. Tubuh yang terlalu gemuk, terlalu kurus, tinggi, atau pendek atau jerawat yang banyak tumbuh dapat menumbuhkan perasaa ketidak percaya dirian dan mengganggu pikiran remaja. Apalagi pada masa sekarang ini menurut sebagian remaja penampilan adalah factor yang dapat mempengaruhi suksesnya pergaulan.
Factor lain adalah kondisi keluarga. Kondisi yang tida baik antara kedua orang tua mereka, atau tidak harmonisnya hubungan anak dengan orang tuanya dapat menjadikan seorang remaja mengalami gangguan mental tersebut. Belum lagi kondisi keuangan keluarga yang tidak baik dapat menjadi kan seoarang remaja stres karena kondisi keuangan keluarga menjadimasalah yang sensitive bagi para remaja.
Kisah asmara adalah faktor klise yang sangat dominan mewarnai kehidupan remaja, akan tetyapi meskipun hal inidianggap klise, perasaan remaja yang di tinggal oleh sesesorang yang dia sayangi dapat menjadikan emosi menjadi tak terkendali, bahkan tak sedikit remaja yang berbuat nekat karena hal ini.
Oleh karena itu orang tua wajib menciptakan suasana yang terbuka denga sianak. Kasih saying dan perhatian adalah hal yang mutlak di lakukan oleh orang tua disamping mereka memberikan lingkungan yang aman sehingga sianak akan tahu dia akan pergi kemana jikalau hatinya seang diland rasa gundah. Karena seringkali yang dibutuh kan oleh mereka hanyalah telinga untuk mendengar keluh kesah mereka.