Menghasilkan uang melalui media internet

 

Menghasilkan uang melalui media internet merupakan salah cara alternative untuk menghasilkan uang atau hanya sekedar penghasilan tambahan. Banyak orang yang sudah menggunakan cara ini menjadikannya pekerjaan tetap. Penghasilan yang dijanjikan sangatlah menggiurkan, sehingga sudah banyak orang yang menggunakan cara ini untuk menambah penghasilan mereka. Namun tidak sedikit juga yang mendapatkan kekecewaan dari cara ini, misalkan situs pengelola bisnis tersebut ternyata penipu dan melarikan uang yang sudah didapat dari pengguna situs tersebut. Sebelum kita menggunakan cara ini, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu bisnis apa yang akan kita jalankan itu. Ada berbagai cara untuk menghasilkan uang melalui internet dengan hanya bermodal rajin dan paham dalam menggunakan media internet. Namun yang saya akan jelaskan disini hanya beberapa saja dari sekian banyak bisnis online yang sudah ada.

Pertama saya akan menjelaskan mengenai PTC (pay to click). PTC merupakan cara menghasilkan uang melalui media internet dengan cara membuka iklan yang disediakan pengelola situs. Biasanya perhari pengelola memberikan 15-17 iklan kepada anggotanya. Setiap iklan harus dibuka selama 30 detik, setiap iklan yang dibuka mendapatkan $0.01 untuk free member, sedangkan yang premium member mendapatkan $0.0125 per iklan yang dibuka. Namun pengelola situs biasanya memberikan tambahan uang bila anggota dapat merekrut anggota baru mengikuti bisnis tersebut. Biasanya setiap anggota baru yang masuk menggunakan referral kita, maka kita akan mendapatkan bonus sebesar 100% dari keuntungan mereka. Jadi bila kita memiliki 100 referral, dan setiap orang melihat 15 iklan setiap harinya, maka kita akan mendapatkan komisi 100 x $0.15 = $15 per hari (atau $450 per bulan).  Bila orang tersebut tidak menggunakan referral kita ataupun orang lain, maka situs pengelola biasanya akan memasukkannya ke referral orang lain yang baru memiliki sedikit referral. Pembayaran biasa dilakukan menggunakan jasa pembayaran internet seperti paypal. Pembayaran biasa dilakukan setelah orang tersebut sudah mencapai target yang ditentukan oleh pengelola situs tersebut dan pembayaran akan dilakukan 30 hari kerja untuk premium member dan 60 hari kerja untuk free member (Jerry, 2008).

Kedua, saya akan menjelaskan mengenai PTS(pay to survey). Merupakan salah satu cara untuk mendapatkan uang melalui media internet dengan melakukan survei terhadap sesuatu yang diberikan oleh pengelola situs tersebut. Sebagai salah satu contoh suatu situs mengharuskan anggotanya untuk mensurvei beberapa situs,biasanya penulisan hasil survei harus menggunakan bahasa inggris. Uang yang didapat dari hasil survei tersebut bervariasi tergantung dari situs yang kita gunakan. Sama seperti PTC, PTS juga memberikan bonus bila ada anggota yang dapat merekrut anggota baru. Setiap anggota baru yang kita rekrut  maka kita akan mendapatkan bonus beberapa persen dari penghasilan mereka dan beberapa dolar setiap ada anggota yang masuk, tergantung dari situs yang kita gunakan.  Sebagai contoh, setiap anggota mendapatkan 10% dari penghasilan anggota baru  dan  $1 untuk setiap anggota baru yang kita rekrut. Untuk masalah pembayaran hampir semua sama seperti PTC yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Ketiga, saya akan menjelaskan mengenai adsense. Adsense singkatan dari ADWORD SENSE. Apa itu adword? Adword adalah iklan yang di pasang di situs pencarian yang ada di google, contoh bila anda mencari sesuatu digoogle menggunakan kata kunci bisnis internet, maka nanti akan muncul banyak pilihan, jika anda sudah memilih salah satu situs tersebut, ketika anda buka situs tersebut disalah satu sisi halaman situs tersebut akan anda temukan “sponsor link” atau ”sponsor by”. Cara kerja adsense, sebelumnya kita harus memiliki sebuah website atau blog. website atau blog yang kita punya, kita daftarkan ke pengelola adsense (Putra, 2006). Jika website atau blog kita diterima, maka sisalah satu sisi halaman situs yang kita buat akan terpasang iklan yang disponsori oleh pengelola adsense tersebut. Dan setiap orang yang membuka situs kita dan mengeklik iklan yang disponsori oleh pengelola adsense tersebut, maka kita akan mendapatkan uang (pay per click). Hal ini berbeda dengan PTC, PTC dibayar untuk membuka iklan, tetapi PPC dibayar bila ada iklan yang ada disitus kita dibuka orang.

Ada beberapa kelebihan dari bisnis online ini. Kita tidak perlu mengeluarkan modal untuk memulai usaha ini, penghasilan yang diterima sangatlah menggiurkan, pendapatan bisa mencapai $100-$500 perbulan. Selain itu, kita tidak perlu menyewa atau membeli tempat untuk melakukan usaha ini. Kita juga tidak perlu membayar karyawan, karena kita hanya kerja sendiri.

Selain kelebihan, bisnis online ini juga ada kekuranganya. Banyak situs-situs yang membuat kita jadi tergiur dan mengikuti dalam situs itu. Tetapi ternyata situs tersebut menipu semua anggotanya dan membawa lari semua penghasilan yang sudah diperoleh anggotanya. Sudah banyak korban yang kena situs-situs penipu seperti itu. Selain itu, kekurangan bisnis online adalah sistim pembayarannya. Pengiriman uang dari pengelola situs tesebut kekita sangat lah lama, karena kebanyakan situs bisnis online seperti ini berada di luar negeri. Selain itu juga pajak yang dipotong oleh penyedia pembayaran sangatlah besar ya itu sebesar 25% dari total uang yang kita kirim ketempat kita

Dari sekian banyak situs bisnis online yang tersebar didunia maya, tidak semuanya aman untuk digunakan, kita sebagai pengguna haruslah berhati-hati sebelum menggunakan jasa situs terseut. Namun bila kita sudah sukses dan berhasil dibidang ini, hasilnya akan terasa sangat memuaskan dan akan membuat kita jadi semakin semangat dalam menjalani bisnis seperti ini.